Serba-serbi Bisnis Online

  • Online shop (ILustrasi)

Kelahiran Asosiasi E-Commerce Indonesia beberapa pekan lalu menjadi angin segar bagi perdagangan dalam jaringan (online) di Indonesia. Kehadiran asosiasi diharapkan bisa mengawal perdagangan daring, dengan menjadi mitra pemerintah dalam menyusun regulasi. 
Bisnis online (daring) berkembang menjadi lini baru bisnis. Seiring majunya teknologi, bisnis daring menjanjikan pasar yang luas. Bisnis ini juga bisa dikerjakan di mana saja asal terhubung dengan jaringan internet. Maka tak pelak, bisnis daring menjadi primadona baru bagi ibu rumah tangga. 
Sebelum mengulas Manfaat, jenis dan langkah jitu berbisnis secara online, kita bahas dahulu lebih mendalam tentang apa sih bisnis online itu ? Yuk maari cus~ 
BISNIS ONLINE  
Bisnis online adalah segala aktivitas dan kegiatan bisnis yang dilakukan secara online. Secara online otomatis berarti anda memerlukan sambungan ke jaringan internet. Bagi semua pelaku usaha yang melakukan sebagian atau seluruh kegiatan usaha bisnisnya melalui jaringan internet, maka bisnis yang dilakukannya bisa di sebut dengan bisnis online. 
Kegiatan bisnis online dapat meliputi jual beli produk atau barang (contohnya : pakaian, furniture, mainan), bisa juga menerima jasa secara online (contohnya : jasa pengetikan). Masih banyak lagi bisnis lainnya di berbagai bidang yang dapat Anda temukan secara online. Sebenarnya, bisnis online ini sama dengan pasar tradisional atau toko yang biasa Anda jumpai di daerah Anda. Namun yang membedakan ya dilakukan secara online, sehingga dapat menjangkau banyak pelanggan dari banyak daerah. Yang harus dipikirkan bagi para pelaku bisnis online adalah bila mempunyai website, tampilan websitenya dan foto produk harus menarik dan mengundang orang untuk membeli produk yang dijual. 

Bisnis online terdiri dari 2 kata : 
Bisnis : suatu usaha yang dilakukan perorangan atau secara berkelompok yang bertujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan dengan cara memproduksi suatu barang maupun menyediakan suatu jasa guna memenuhi kebutuhan konsumen. 
Online : merupakan suatu kegiatan yang terhubung lewat jaringan komputer yang dapat diakses oleh jaringan komputer yang lainnya.  

Terdapat  kategori pelaku bisnis online diantaranya :   
Owner (pemilik) : adalah seseorang yang memiliki suatu produk atau jasa. 
Marketer (sales: adalah orang – orang yang pandai memasarkan suatu produk atau layanan jasa namun tanpa memiliki pro

Jenis-jenis bisnis online :  

Website : Kaskus (forum jual beli). 
Toko online (marketplace) : Tokopedia, Bukalapak. 
Blog : MastimonMaxmanroe. 
Akun Sosial Media : Instagram, Facebook, dan Twitter. 

Tantangan dan manfaat bisnis online : 
Bisnis online merupakan bisnis yang sangat menggiurkan dan menguntungkan. Namun Anda harus menghadapi proses dan tantangan yang tidak mudah. Kalau semua bisnis mudah, maka semua orang kaya bukan? Proses dan tantangan tersebut harus Anda lewati agar kesuksesan melalui bisnis online ada di tangan Anda. Ada banyak pertimbangan untuk memulai bisnis online atau membuat bisnis Anda yang sudah ada menjadi online. Seperti jikalau Anda bukan orang yang familiar dengan komputer atau gaptek teknologi, dan bahkan jika Anda belum memiliki bisnis sama sekali. 
Beberapa manfaat bisnis online antara lain : 
  • Biaya sewa tempat dan karyawan lebih murah (hemat biaya) 
  • Anda bisa menjual berbagai macam barang yang ingin Anda jual secara online 
  • Akses lebih mudah karena tersambung dengan jaringan online internet (24 jam) 
Beberapa tantangan dalam bisnis online yang harus Anda lewati : 
  • Membutuhkan keterampilan teknis dalam seo dan mengelola sarana online (website). 
  • Terdapat anggaran untuk pengadaan barang seperti laptop, perangkat komputer, gadget, dan software. 
  • Rawan penipuan secara online 
Pemahaman akan Teknologi 

Anda harus paham dasar – dasar dalam menggunakan komputer, laptop, software, dan alat – alat lain yang mendukung Anda dalam melakukan bisnis online. Juga Anda tidak boleh lupa dengan menyediakan sambungan jaringan internet, karena akses ke internet merupakan kunci utama agar kegiatan bisnis online dapat berjalan. 
Jika Anda belum paham betul dasar – dasarnya, jangan khawatir. Karena sekarang media pembelajaran semakin mudah  untuk Anda akses seperti contoh search googlebing. Dengan media tersebut, Anda akan mendapatkan banyak informasi akan teknologi dan dapat belajar apa saja yang ingin kalian tahu. Yang terpenting jangan cuma dibaca, tetapi praktik! 
9 Langkah Sukses Berbisnis Onine  
Bagi Anda yang baru saja ingin memulai bisnis online, berikut adalah langkah – langkah agar Anda sukses dalam berbisnis online : 
  • Tentukan tujuan Anda dalam berbisnis online : Anda harus menentukan ingin berjualan apa dan ada pasarnya atau tidak. Serta anda harus memikirkan ingin berjualan dimana, di website kah, di marketplace kah, atau di sosial media kah? 
  • Meriset pasar barang yang ingin kalian jual : Cari apakah barang yang ingin kalian jual berpotensi laris manis di pasaran atau tidak? 
  • Jangan menunda – nunda, lakukan sekarang! 
  • Lakukan secara bertahap : Dalam berbisnis online, tidak bisa Anda lakukan kebut semalam. Ada langkah – langkah nya, ada tahap – tahapnya dan yang pasti memerlukan konsistensi! 
  • Miliki jaringan yang luas : Semakin luas jaringan Anda, produk Anda semakin banyak dan cepat dikenal oleh orang. 
  • Marketing : Marketing merupakan roda bagi bisnis untuk berhasil mendapatkan penjualan. Tidak terkecuali bisnis onlinemarketing juga merupakan roda utama dalam keberhasilan penjualan. Jadi jangan bosan – bosan marketing kalau mau produk Anda laku di pasaran! 
  • Resiko harus berani di ambil dan di kelola : Kegiatan apapun yang Anda lakukan pasti ada resikonya. Tergantung pandai – pandainya Anda dalam mengelola resiko apakah menjadi baik atau jelek di akhir. 
  • Fokus! : Fokus pada barang yang menurut Ada akan laku di pasaran. Jangan mudah menyerah dan berganti – ganti produk. 
  • Jangan cepat bosan : Ada saat – saat dimana Anda pasti bosan. Itu hal manusiawi namun jangan biarkan bosan tersebut menghambat kemajuan bisnis online Anda. Anda harus ingat bagaimana susahnya Anda mulai dulu, dengan itu semangat akan kembali lagi. 
Nah itulah kurang lebih pengertian bisnis online lengkap dengan contoh dan manfaat bisnis online. Semoga teman-teman tergugah untuk memulai bisnis online. 


  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memulai dari empati.

Mengulas, Si manis bergigi emas.

Pendidikan Era Digital